7 Tips Jitu untuk "Mengambil Hati" Pembeli bagi Pedagang Online




Di era modern seperti sekarang ini tentu sangatlah banyak pedagang yang menjual dagangannya secara online, baik melalui Website, Media Sosial, maupun dengan memanfaatkan Situs - situs Toko Online yang sekarang sudah banyak sekali, ada yang gratis dan ada juga yang berbayar. Dalam berjualan online antara penjual dan pembeli tidak bisa berinteraksi secara langsung. Berjualan secara online jauh lebih mudah dibandingkan dengan berjualan offline karena penjual tidak harus ready stock barang seperti pedagang offline, bisa dengan menjadi reseller dari produsen atau pedagang lain. Akan tetapi berjualan online banyak sekali pesaing karena banyaknya penjual yang berjualan dengan produk yang sama, bahkan terkadang dengan model dan merk yang sama. Oleh karena itu pedagang online harus cerdik dan pandai merebut hati pembeli . Berikut ini 7 tips jitu untuk mengambil hati pembeli agar tertarik untuk membeli produk dagangan kita :

1. Tentukan target pasar dagangan kita

Sebagai contoh kita berjualan baju bayi di media sosial. Janganlah kita memasarkan barang dagangan kita di grup atau komunitas bisnis yang isinya bapak - bapak semua. Kita harus mencari target pasar kita yaitu ibu - ibu atau wanita muda yang temannya banyak yang sudah menikah dan akan melahirkan bayi. Tentu mereka akan membeli baju bayi untuk bayi  mereka atau sekedar untuk kado temannya yang lahiran. Kita bisa berdiskusi di grup atau hanya upload foto produk di akun pribadi kita. Tentu saja teman - teman media sosial kita harus dipastikan kebanyakan wanita. Jangan kita berjualan baju bayi sementara teman kita kebanyakan anak sekolah dan laki - laki.



2. Upload foto dan video produk

Bagian penting dalam memasarkan suatu produk adalah upload foto maupun video. Usahakan foto barang yang kita upload adalah barnag real yang kita jual sehingga calon pembeli merasa yakin bahwa barang kita asli. Tidak masalah kita upload foto model yang memakai produk kita, namun barang asli sebaiknya diupload, tentu saja dengan tampilan dan background yang menarik. Sebagai contoh, jangan upload foto baju gamis muslim yang digantung dengan background dapur yang penuh dengan cucian piring yang kotor dan berantakan. Calon pembeli tentu saja merasa tidak nyaman melihat foto tersebut. Walaupun tidak mempengaruhi barang yang dijual namun mempengaruhi citra kita di mata pembeli.



3. Gunakan gaya bahasa yang memikat ketika memasang iklan

Gaya bahasa yang dimaksud di sini adalah gaya bahasa yang memikat namun tetap sopan dan santun. Tidak menggunakan bahasa yang kurang enak didengar. Namun tidak perlu terlalu formal apalagi kalau kita berjualan di Media Sosial tentunya tidak asyik lagi kalau memakai bahasa yang terlalu kaku. Kita perlu meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang kita jual merupakan produk yang bagus dan berkualitas.



4. Cantumkan deskripsi produk dengan jelas

Informasi produk tentunya sangat penting dan wajib untuk diketahui oleh calon pembeli. Mereka akan bingung dan banyak bertanya kalau kita upload foto tanpa deskripsi yang jelas. Deskripsi bisa berupa bahan dasar barang yang kita jual, ukuran, kemudian berat barang, karena pembeli online tentu saja akan mempertimbangkan biaya kirim untuk barang yang mereka beli.



5. Respon yang cepat

Pembeli online lebih mengharapkam penjual yang merespon cepat chat mereka, baik melalui messenger, Wa, BBM, SMS maupun telepon. Mereka akan sangat kecewa ketika penjual lambat memberikan respon. Bisa saja mereka langsung mencari penjual yang lain yang bisa menjawab dengan cepat. Jangan sampai peluang kita diambil oleh penjual lain hanya karena respon yang terlalu lambat.



6. Pelayanan yang baik

Seringkali pedagang online mengabaikan hal ini. Pelayanan yang baik merupakan aset yang harus dipertahankan, calon pembeli akan sangat tertarik dengan pedagang yang pelayanannya baik. Bukan cuma pada saat mereka akan membeli, namun ketika barang sudah dikirim pun kita harus masih melayani mereka dengan cara memberikan bukti pengiriman, menanyakan apakah barang sudah diterima atau belum, kemudian apakah barang sudah sesuai dengan pesanan atau belum. Kemudian ketika terjadi komplain karena barang yang tidak sesuai jangan pernah kita mengabaikan apalagi kabur dari mereka. Kita harus melayani dengan baik dengan cara memberikan barang pengganti atau memberikan potongan harga dengan mengembalikan kelebihan uang potongan tersebut. Yang paling utama adalah komunikasi yang baik antar penjual dengan pembeli.



7. Berikan hadiah atau souvenir untuk pelanggan

Terkesan sepele namun sangat berpengaruh besar dalam penjualan. Sebagai contoh kita punya pembeli yang setia berlangganan selama beberapa bulan atau tahun, mereka tentu saja berhak mendapatkan lebih dari kita. Misalnya saja Tahun Baru kita bisa memberikan kalender yang unik yang bertuliskan logo atau nama toko kita. Atau ketika lebaran kita bisa mengirimkan bingkisan berupa toples dan kue lebaran. Dari toples itu kita bisa mencetak nama toko kita. Selain memanfaatkan moment hari - hari besar kita juga bisa memberikan hadiah untuk pembeli yang sudah membeli dalam jumlah banyak. Kita bisa memberikan mug, gelas, jam dinding, kaos, jaket, boneka, USB, tas, goodie bag  pulpen atau barang apapun yang sekiranya bermanfaat namun bisa dicetak logo atau nama toko kita. Di situ kita bisa mempromosikan sekaligus mengambil hati pembeli. Pembeli merasa senang mendapat hadiah, dan kita mendapatkan promosi ketika orang lain melihat logo atau nama toko yang tertera di barang - barang hadiah yang dipakai oleh pembeli kita. Double keuntungan bukan ? Karena itu kita harus jeli dalam memilih barang yang bagus dan berkualitas untuk dijadikan barang promosi. Tentu saja kita tidak ingin barang yang kita berikan terpaksa dibuang hanya karena kualitas yang jelek dan barang hanya dipakai sebentar oleh mereka. Selain berkualitas kita juga harus memperhitungkan harganya. Jangan sampai kita membeli barang yang terlalu mahal untuk promosi sementara barang dagangan kita bukanlah barang yang mahal. Jadi harus disesuaikan dengan budget promosi kita.



Untuk pemesanan barang promosi murah atau souvenir promosi yang murah dan berkualitas bisa percayakan kepada Queen Promosindo, Jalan Laksa Raya No. 68 Jembatan Lima ( sebelah PASAR PAGI ), JAKARTA, Telp / WA 0817 8484 00 atau 0812 1888 3884. Dijamin barang bagus, produksi tepat waktu dan yang pasti bisa disesuikan dengan budget.

Nah, itu dia 7 Tips Jitu untuk "Mengambil Hati" Pembeli bagi Pedagang Online. Mudah bukan ?